Desain Dapur Sehat

Dapur adalah salah satu komponen rumah yang sangat penting. Fungsinya pun bisa beragam, mulai dari tempat mencuci piring, memasak, menyimpan bahan makanan dan masakan, hingga untuk menyimpan bumbu dan penyedap. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui desain dapur sehat.

Dalam sebuah rumah, dapur adalah salah satu yang dipakai setiap hari. Desain yang buruk akan membuat kualitas hidup menurun. Bahkan, bisa jadi dapur menjadi sarang penyakit dan kotoran. Sedangkan bila menggunakan desain yang benar, sehat, dan tertata, maka apa yang dihasilkan dari dapur bisa benar-benar berkualitas.

Setidaknya untuk membuat dapur yang sehat ada tiga poin yang harus Anda perhatikan, yaitu masalah komponen, pencahayaan, dan alat pembuangan. Untuk komponen termasuk di dalamnya berbagai peralatan memasak, penyimpanan makanan, lemari, bak pencuci piring, dan sejenisnya. Pencahayaan masuk ke dalamnya penggunaan lampu, pintu, dan ventilasi. Sedangkan alat pembuangan menyangkut kualitas air, tong sampah, dan saluran pembuangan.
Desain Dapur Sehat
Sumber gambar : thevedix.wordpress.com

Untuk memilih produk atau komponen di dalam dapur sendiri bisa disesuaikan dengan badget. Namun yang perlu diperhatikan adalah setiap komponen harus dapat berfungsi dengan baik, aman, dan nyaman. Setiap komponen sebaiknya multifungsi, sehingga dapat lebih menghemat ruang. Perhatikan juga masalah alat memasak. Pastikan aman dan tidak mudah terjangkau oleh anak-anak.

Dalam masalah pencahayaan, desain dapur sehat sudah seharusnya terkena cahaya yang memadai. Seperti yang diketahui bersama, ruangan yang gelap akan lebih mudah lembap dan ini dapat menimbulkan tumbuhnya mikroorganisme berbahaya. Selain itu, sebaiknya gunakan pencahayaan alami dari ventilasi dan jendela. Bahkan jika bisa, tempatkan dapur di bagian belakang bangunan, sehingga dapat terhubung dengan pintu belakang.

Jika kedua poin di atas sudah diterapkan, selanjutnya masuk ke poin tiga tentang alat pembuangan. Dapur yang sehat sebaiknya didesain baik bukan saja pada kualitas komponennya, namun juga kualitas irigasi. Terutama bagian yang terhubung dengan bak pencuci piring dan penghisap asap. Selain itu, sediakan pula tong sampah yang terbagi menjadi sampah kering dan basah. Desain dapur sehat juga umumnya memperhitungkan kualitas air serta penggunaan air dingin dan hangat yang baik. Bahkan jika bisa, pisahkan antara air untuk mencuci dengan air untuk memasak.

0 Response to "Desain Dapur Sehat"

Poskan Komentar

Komentar di blog ini dimoderasi sebelum ditampilkan,
Soo..jika ingin komentarnya di tampilkan jangan:
1. Spam
2. Junk
3. Sara
4. Dll yang melanggar