Mengecat Rumah Dengan Kemampuan Mandiri

Mengecat rumah termasuk gampang-gampang susah untuk dapat melakukannya dengan baik dan benar yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Permukaan tembok harus dipastikan sudah benar-benar kering, bagi tembok yang baru umumnya sudah terlewati 4 minggu dari masa acian. Apabila ada alat ukur kelembaban tembok (Protimeter) menunjukkan pada angka dibawah 16, hal ini gunanya untuk mengetahui kadar air yang masih tersimpan di dalam tembok.
  2. Permukaan tembok yang retak rambut  kecil-kecil dan yang bergelombang atau tampak kurang rata harus diperbaiki terlebih dahulu dengan cara meratakan permukaan tembok menggunakan plamur (wall filler) secara tipis-tipis.Bila permukaan tembok terdapat retak yang agak lebar, gunakan campuran mortar dan joint compound.Gunakan plamur sesedikit mungkin, hindari pemakaian plamur pada seluruh permukaan tembok karena dapat mengurangi daya rekat cat.
  3. Bersihkan permukaan tembok dari sisa acian atau kotoran yang menempel tembok dengan cara menggosok dengan rampelas kasar no. 80 sambil permukaan tembok dibasahi air bersih, bila permukaan tembok ditumbuhi jamur atau lumut, bersihkan dengan cara melumuri larutan kaporit kemudian bersihkan dengan air bersih dengan menggunakan lap yang bersih.
  4. Setelah permukaan tembok dipastikan sudah bersih dan kering selanjutnya mulai proses pengecatan, bisa menggunakan roll atau menggunakan kuas. Lapisi tembok dengan cat dasar atau primer, cat dasar ini merupakan tahap awal yang tidak boleh diabaikan karena menetukan keberhasilan dalam pengecatan tembok. Biarkan cat dasar kering tunggu sekitar 1-2 jam.
  5. Siapkan cat utama yang anda pilih, aduk dahulu dengan sendok pengaduk supaya tidak menggumpal, tuangkan cat ke ember sesuai kebutuhan dan beri air bersih sebagai pengencer sesuai dengan aturan yang tertera dalam kaleng cat, aduk kembali hingga rata.Celupkan kuas atau rol cat ke dalam adonan cat kemudian kuaskan atau gerakkan rol cat dengan arah maju mundur sampai permukaan tembok menyerap cat dengan baik. Lakukan kegiatan pengecatan ini dimulai dari sisi yang paling atas, setelah selesai biarkan beberapa saat sampai cat benar-benar mengering, yaitu sekitar 2 jam, setelah itu dilanjutkan pelapisan ulang sampai warna cat di permukaan tembok tampak rata. Untuk hasil maksimal kerjakanlah pengecatan akhir beberapa kali namun perlu di ingat setiap akan pengulangan cat sebelumnya di dahului dengan pengamplasan dan bersihkan tembok dari debu. Dengan demikian selesia cara mengecat tembok, harapan saya agar anda dapat mempraktekkan dengan hasil yang baik.

1 Response to "Mengecat Rumah Dengan Kemampuan Mandiri"

  1. Ngecat rumah, kalau tukang yg ngerjain 100-150 rb piah, kdg yg seharusnya 1 hari jadi 2 hari jadi 200-300 bu piah. klu dilakukan sendiri, bisa lebih hemat tentunya ...

    BalasHapus

Komentar di blog ini dimoderasi sebelum ditampilkan,
Soo..jika ingin komentarnya di tampilkan jangan:
1. Spam
2. Junk
3. Sara
4. Dll yang melanggar

StatCounter